EVERY DAY IS A GRAT DAY. Default writing direction.
Some text. Right-to-left direction.
-->

Sunday, October 26, 2014

Benua Biru dan Ceritaku: "2 Oktober: Birthday, National Batik's Day, dan Depparture"



Hmmmm...sepertinya sudah lama sekali ingin menuangkan hari-hari bersejarah dalam tulisan ini. Tiga minggu? Itu terlalu lama untuk sekadar mulai bercerita...hahaha
Let’s Move it Up!!
Sebagian besar rakyat Indonesia sudah mengetahui bahwa pada tahun 2009 UNESCO telah mengakui bahwa batik adalah warisan khas kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Seluruh instansi maupun para akademisi dianjurkan untuk mengenakan pakaian batik. Tak hanya di Indonesia, para pelajar di luar negeri pun berramai-ramai menggunakan batik dan memposting foto mereka. Selain buat nunjukin bahwa mereka masih cinta Indonesia, hal ini juga sekaligus ajang buat promosi kebudayaan Indonesia di dunia luar.


Well, that’s story about Batik’s Day. And me??
Oke. 2 Oktober 2014, 01:45 am. Aku terbangun di depan TV yang menontonku tertidur sejak..lupakan –aku tertidur, bukan sengaja tidur di depan TV. Untuk pertama kalinya terbangun pada tanggal 2 Oktober dan sama sekali bukan tentang ulang tahun yang terlintas pertama kali di pikarnku. Aku bukan orang yang terobsesi dengan perayaan ulang tahun atau apalah. Sungguh. Bahkan tidak pernah ada selebrasi setiap tahunnya. Tapi percayalah, bagaimanapun orang tidak merayakan ulang tahunnya dia pasti selalu ingat bahwa “hari ini” itu ada yang spesial –walaupun tidak diselenggarakan secara spesial- buat dia.
Tahun ini, bagiku ada yang lebih penting daripada sekadar perayaan ulang tahun atau hari batik nasional –aku baru sadar ini hari ulang tahunku setelah beberapa menit terbangun dan melihat tanggal di saluran TV, oh...aku ulang tahun?- karena aku sibuk menyiapkan keberangkatanku ke Jakarta, well... tepatnya tujuan berikutnya sih, Eropa!!!
Man!!! It’s Europe!! No... It’s FRENCH!!
Aku bahkan tidak pernah bermimpi –setidaknya saat sekolah- untuk bisa menginjakkan kaki ke luar negeri sejauh ini.... Alhamdulillah, itu pasti. Karena semua pasti sudah terbentang dalam desain perencanaan-NYA. Dan hari ini-dua Oktober- aku akan mengambil Visa sekalian lanjut buat terbang ke Eropahhh.
Akhir-akhir ini aku makin dekat dengan ibu kota, tak disangka hari ini adalah penghujungnya –setidaknya untuk tahun ini. Hanya untuk urusan pengambilan VISA ternyata cukup ribet. Kok ya ndilalah temenku pake adegan dokumenya nggak lengkap dan ketinggalan di koper, sementara kopernya ada di daerah Harmoni, jadi harus bolak-balik kedutaan-harmoni. Hadeeehh...
Jadi persisnya gini kronologinya:
07.55 WIB.    Arrived Soetta airport, nunggu temenku karena pesawatnya dari Jogja delay
08.17 WIB.    Temenku sampe...horeeee
08.40 WIB.  Barengan nunggu Mz  Angga-saudaraku di Jakarta - yang mau jemput kami. (Well, Mz Angga juga lagi sibuk sebenernya buat  packing barang2 karena ini minggu terakhirnya di Indonesia, minggu depan lanjut study S3 ke Manchester, UK. Gilaakk!! Nih saudaraku sekeluarga hebat2 semua deh. Saluut)
09.46 WIB.    Mz Angga datang, nganter kami ke kantor kedutaan di sekitar Bundaran HI sekalian dia berangkat kerja ke daerah Harmoni.
10.53 WIB.    Sampe di kantor kedutaan, nunggu bagian pengambilan VISA yang bukan jam 11.30 (yeeey... kita nggak telat kaya dulu lagi..hahahaha)
11.40 WIB.    Kita masuk, dan ditolak karena temenku lupa nggak bawa kuitansi pembayaran VISA, yang mana punyaku juga dibawa dia –ouch— Kita memutuskan balik ke Harmoni. Tapi pengambilan VISA tutup jam 13.00. Dengan kondisi Jakarta yang macet parah apalagi jam makan siang, that’s so imposible buat bolak-balik HI-Harmoni dalam waktu 1 jam. Besok pagi aja, kata orang kedutaan. What??? Pesawat kita ntar malam Buk!!
                         Coba ngomong sama satpamnya. Masuk lagi ke ruangan si Ibu. Kali ini aku sendirian yang ngomong. Ngelobi ibunya, sambil pasang muka bingung dan memelas.... dan...jreng..jreeeng. si Ibu luluh, kami disuruh balik lagi jam 3. Tengkyu so muaaach deh Bu, eh Mbak juga gapapa...hahahaha
12.00 WIB.    Ambil kopaja lanjut busway ke arah Harmoni –sopirnya ngelindur, dan gak berhenti di Halte Monas dan pake acara nabrak – wow.
12.20 WIB.    Sampe di kantor Mz Angga, ditraktir makan siang
                         Karena baliknya masih jam 15.00 dan batere HP udah sekarat, akhirnya memutuskan numpang nge-charge di pos satpam sebeluk balik ke kedubes. Gokil dah.
14.20 WIB.    Nyegat Kopaja di pinggir jalan, turun di Sarinah, ganti Busway (wuiihh...apall...hahaha).
14.50 WIB.    Kantor Kedubes Perancis (lagi). Dan ketemu mbak satpamnya. Diambilin lah visa kita... tadaaaaa...... alhamdulillah Visa udah di tangan.
14.50 WIB.    Rencana mau pulang, tapi muter ke Mall yang ada Gramedianya di belakangnya kedubes dulu karena temenku mau beli buku tulis sekalian sholat.
15.50 WIB.    Buru-buru balik ke Harmoni, karena kita lupa kalo ini Jakarta, bukan Semarang, yang sewaktu-waktu macet hebat.
16.20 WIB.    Sampe di kantor Mz Angga (lagi). Eh...dapat email dari kampus buat diprint segera. Dibukalah di komputer temen kantor mz Angga -yang ternyata masih pake Windows 99- Maaaannnnn..... mau ngedit tulisan aja setengah mati.
17.15 WIB.    Keluar kantor, pulang ke rumah Mz Angga dan Mb Dewi di daerah Serpong. Lama perjalanannya, dan ketiduran di mobil. Dan tau-tau udah sampe aja di rumah Mba Dewi.
Hahaa.... seharian yang aje gile dah...
Sampe di rumah Mba Dewi, mandi, sholat, makan, basa-basi bentar terus berangkat ke agen travel yang nganter kami ke Bandara. Dan di bandara uda ada dua cewek yang ngebet banget ketemu sama aku dari tadi sekitar abis maghrib. Katanya buat nganter kepergianku melalang buana ke Eropa. They are my Nobiy dan temennya (yang belakangan aku baru tahu kalo ternyata dia adalah si Rara...hahaha). Setelah muter2 kagak nemu-nemu, dan telpon, dan sms, dan telpon lagi..... akhirnya sekitar jam 10.35 PM aku menemukan mereka. Dasar dua gadis tangguh plano ini emang dahsyat deh. Hampir tengah malam dua anak masih keliaran di bandara kaya anak ilang...hahahaa. Demi ngucapin “Happy Birthday” dan “See you next year” sambil bawain dua potong donat J’Co... ohh, so sweet... hahaha.




Setelah ngucap farewell aku siap2 masuk ke terminal keberangkatan.
Voila!! That’s my great 2 October this year!!!
Soooo unforgotable moment. Thank you so much for many people who had help me, Mz Angga dan Mba Dewi, Mbak Satpam dan Ibu bagian Visa, Nobiy-Rara, dan bahkan awak pesawat-busway-dan kopaja...hehehe
Preparing for Flying Without Wings. See You Indonesia..... ;-)

No comments:

Post a Comment